Sabtu, 08 September 2012

Teluk Kiluan, Lampung. "Sweet Escape Part II"




Hai kawan-kawan! Kali ini aku akan berbagi pengalaman tentang perjalananku ke Teluk Kiluan, Lampung.
Kenapa memilih Teluk Kiluan? Otak dibalik semua ini adalah Christy (nanti aku perkenalkan di belakang). Ya, dia adalah otak "Sweet Escape Part II" ini. "Sweet Escape Part I" belum sempat ku tulis eh sudah jalan lagi, ntr ya kalo sempat pasti kutulis.

Oke, kembali ke topik, Christy ini yang ngajakin kita buat ke Teluk Kiluan buat liat lumba-lumba dan juga karena dia liat di twitter ada akun "keluarga pelangi" yang lagi disana dan dia mau ikutan dan dia ajakin aku dan Ramot yang selalu available untuk urusan jalan-jalan, hehehe..

Kita pergi serba mendadak, pokoknya random abis deh! Bayangin  kita lagi ngobrol-ngobrol di multichat tiba-tiba langsung ngerencanain kayak gitu siapa yang gak shock?? Tapi yasudahlah, melihat tanggalan aku masih libur sampai 17 September kenapa gak ikut aja? Setelah dapet ijin dengan Orang Tua dan Bude (aku tinggal sama budeku) maka aku langsung bilang iya ke mereka. Mereka ini adalah Ramot dan Christy.

Trus malamnya aku googling buat sewa tenda karena kalo nyewa penginapan mahal, jadi kami diskusi buat sewa tenda aja. Setelah dapet, harganya 25.000/hari buat kapasitas 4-5 orang. Aku pikir itu kegedean buat 3 orang tapi yasudahlah adanya itu. Besoknya setelah selesai packing sekitar jam 10 pagi aku berangkat dari rumah buat nyewa tenda di daerah Ciputat, Tangsel. Lumayan jauh juga sih dari rumahku di Kelapa Gading, tapi cuma itu harapan kita buat sewa tenda di waktu yang mepet ini. Sampe sana liat barangnya, ngerasa cocok langsung bayar dan ninggalan Kartu Mahasiswa. Abis itu solat Jum'at dulu kebetulan tempatnya dekat Masjid.

Setelah selesai solat Jum'at balik ke kosan Ramot buat naro tas dan barang-barang perlengkapan. Habis itu ke GI karena ada Cebi dan Dina yang ngajak makan, yaudah deh ikut aja soalnya udah lama juga gak main bareng mereka dan juga Cebi kuliah di UNPAD Jatinangor jadi ke Jakarta nya jarang-jarang. Si Dina ini sebenernya seangkatan sama kita, tapi karena pas SNMPTN dia ikut lagi dan keterima di UNJ Sastra Perancis ya jadi dia ngulang lagi, ya itu sebuah pilihannya dia sih, aku gak permasalahkan.

Sampai di GI makan ngobrol ngalor ngidul sama anak-anak trus cerita kita mau ke Kiluan eh ternyata si Cebi mau ikut, tapi dia masih bingung soalnya dia senin sudah masuk kuliah dan dia belum izin. Jadi dia ijin dulu sama orang tua nya dan tanya ke temennya jadwal kuliah hari Senin tanggal 3 September. Izin sudah didapat dan jadwal kuliah bisa bolos maka ikutlah dia bersama kita, yang rencananya hanya bertiga jadi berempat. Lumayanlah nambah teman perjalanan dan bisa kurangin cost perjalanan hehehehe.

Malamnya kami nginep di kosan Ramot karena biar gampang besok perginya langsung barengan aja. Kami siap-siap aku ngecek tendanya seberapa besar dan ini penampakannya :


Ini tendanya

Kalo melihat tendanya segede gitu cukuplah buat kami berempat+barang-barang kami nanti. Ramot dan Cebi pergi beli ransum buat kami selama di perjalanan nanti, aku ngecek perlengkapan yang mau dibawa ke sana kayak senter, charger, kamera, tenda, karpet, obat-obatan dll. Christy masih di kosnya belum dateng. Ramot dan Cebi selesai belanja gak lama Christy dateng trus kita beres-beres mau tidur karena kita mau berangkat dari kos jam 5 pagi jadi bangun jam 4 ato paling lambat setengah 5 lah.

========================================================================

Kita bangun jam setengah 5, solat trus siap-siap berangkat, jam 5 kita sudah di depan kos nungguin taksi argo yang udah kita pesen tapi kok belum ada, kita telpon gak bisa nyambung yaudah kita putuskan naik taksi apa aja yang lewat yang penting nyampe ke Kalideres. Sudah dapet taksi langsung ke Kalideres. Sampe kali deres jam 6 trus nyari bis tujuan Kalideres-Merak nama bisnya Arimbi, masih kosong, kita penumpang pertama dan langsung duduk di kursi baris paling depan dan belakangnya, aku duduk sama Christy, Ramot sama Cebi, trus kita nunggu dia ngetem nunggu penumpang penuh, jam 7 pas kita berangkat dari Kalideres menuju Merak. Dan aku pun tertidur.

Sampai Merak jam setengah 10, terminalnya agak jauh sih dari penyeberangannya jadi kita jalan kaki 5 menit lah, dan pas ngeliat lautnya *mulut menganga* bagus banget! aaaaaaaaaaaaaa... baru kali ini jalan tanpa orang tua dan ngerasa dilepas ke alam bebas... Ini pemandangan dari Pelabuhan Merak :





Christy - Cebi - Ramot

Aku
Setelah foto-foto bentar trus kita beli tiket Ferry satu orang bayar 11.500 per orang trus kita naik deh. Di dalam ternyata penuh, untung kita dapet tempat duduk. Gak berapa lama karena aku bosan aku bosan ada anak-anak yang mau di "sawer" buat terjun dari Ferry, hihihi lucu juga, aku keluarin uang benggolan seribuan trus ngelempar ke air dan direbutin sama mereka. Ini foto mereka :

Anak-anak Pelompat

Setelah puas ngeliatin mereka loncat sana sini aku keliling Ferry menjelajah dan mencari objek yang bagus buat difoto. Ini foto-fotonya :




Iseng, hehehe :p

Dari atas Ferry
Ferry berangkat tepat jam 10. Karena di dalam dek penuh dan sumuk maka kita memutuskan untuk diluar aja di dek belakang kapal. Enak lagi banyak angin pemandangannya bagus :







Ramot - Cebi - Christy

Ini sudah mau nyampe di Bakauheni

Antrian kendaraan di Bakauheni
Setelah sampe di Bakauheni dengan menempuh waktu 3 jam (10-13) kami pun turun dan mencari makan, lapeeerrrr!! Dan kami langsung aja ke warung yang ada di bakauheni dan makannya prasmanan jadi nasinya bisa ambil banyak, hehehehe. Setelah makan aku dan Cebi solat, setelah solat ternyata Ramot ditawarin sama orang travel yang mau nganterin ke Teluk. Udah nawar satu orang 30 ribu yaudah deh oke aja. Jam 2 kita berangkat dari Bakauheni dan ditengah jalan ternyata dia ngangkut penumpang lain.............

Kita kira cuma kita yang diangkut ternyata gak yaudahlah mau digimanain lagi pasrah aja, dan pas kutanya kita mau kemana dia bilang "Ke Teluk Betung kan?" "Hah, kan tadi saya bilang Teluk Kiluan Pak." "Teluk Kiluan itu dimana?" "Ya saya gak tau kan Bapak yang orang sini, tadi janjiannya gimana sama abang yang nawarin di pelabuhan?" trus dia diem dan nelpon abang yang tadi di pelabuhan dan ternyata yang abang di pelabuhan itu maksud itu Teluk Betung sementara yang kita maksud itu Teluk Kiluan dan itu jauh banget jaraknya.

Yaudah kita putuskan kita ikut aja sampai Bandar Lampung, ditengah perjalanan penumpang yang tadi ternyata turun dan beberapa kilometer kemudian naikin penumpang lagi bapak sama ibu, sekitar 40 tahunan dan si bapak kayaknya angkatan gitu soalnya potongan rambut cepak, agak item, ngomongnya tegas. Terus kutanya "Permisi Pak, Bapak tau caranya ke Teluk Kiluan?" "Oh Teluk Kiluan, jauh dek, itu lewat Padang Cermin, Marinir, Pasar Bawang, enak disana itu suasana kayak di Lombok." Bapak itu ngomong dengan logat bataknya yang khas. Dan dari percakapanku dengan si Bapak ternyata kita ntr berhenti di Gudang Garam dan melanjutkan perjalan pake angkot sejenis Carry gitu buat bisa ke Teluk Kiluan.

Mungkin karena capek aku ketiduran, bangun-bangun sudah sampe di Gudang Garam dan tanya-tanya harga ke Teluk Kiluan. Karena sudah sore dia minta ongkos satu orang 100 ribu! jleb! whaaaaaaatttt???? akhirnya kita diskusi dan kita sepakat untuk jalan terus, nanggung udah sampe sini masa gak dilanjutin. Tapi kita mampir dulu ke Indomart dulu beli bekal lagi buat disana karena di sana gak ada yang jualan dan mampir ATM dulu ambil duit buat jaga-jaga. Setelah dari ATM kita meluncur ke Teluk Kiluan.

Sepanjang jalan menuju Teluk Kiluan ada juga penumpang yang naik tapi mereka sebentar aja karena jarak tujuan mereka gak begitu jauh. Dan selama perjalanan kita juga dikelilingi oleh gunung dan laut, ini fotonya : 


Ini di dalam angkot

berpose dalam angkot :p

Kita berangkat tadi dari Gudang Garam jam 5 dan sampe di Teluk Kiluan Jam 9 malam. Jalannya emang beneran rusak parah, wajar mereka minta harga 100 ribu per orang. Badan kami pegel-pegel digoncang sana sini oleh jalan yang rusaknya gak karuan gitu. Jadi inget sebuah quote terkenal tentang traveling di Indonesia "Indonesia itu punya banyak alam yang bagus, tapi butuh perjuangan keras untuk membayar harganya." Ya, dan akhirnya kami percaya pemandangan yang jadi tujuan kita sesuai dengan yang kita bayar. Akhirnya kami ikhlas 400 ribu itu, huft. 

Sampai di Teluk Kiluan jam 9 malam. Kemudian kami lapor sama penduduk setempat, mereka ramah, dan kelihatan menerima kami. Kami memang tidak berencana menyebrang malam itu juga ke Pulau Kiluan karena kami sepakat kita akan membangun tenda di Teluk Kiluan. Ternyata ada sebuah gazebo yang kosong dan ditawarkan oleh salah satu penduduk untuk kami agar tidur di situ saja. Yaudah kami taro barang-barang disitu dan mulai diskusi sama penduduk situ tentang rencana kami besok.

Kita diskusi tentang kalau mau lihat lumba-lumba gimana, tarifnya berapa dan berapa lama. Mereka nyebut kalo kita mau lihat lumba-lumba itu "dolphinan" hihi lucu juga ya.. Setelah kami diskusi ternyata harga 1 perahu buat dolphinan 250 ribu dan maksimal 1 perahu 3 orang termasuk jokinya, sedangkan kita berempat, mana muat? mereka gak mau ambil resiko selain karena kita akan ke samudera juga semakin berat bensinnya semakin boros takut gak bisa pulangnya. 

Akhirnya kami memutuskan untuk bermalam di Teluk Kiluan dan besok paginya gak ikut dolphinan karena terlalu mahal buat kami, jadinya kami berencana akan ke Pulau saja dan bermalam di sana menggunakan tenda lagi dan snorkeling. Jam 11 aku pun terlelap, capek perjalanan seharian yang random ini.. 

========================================================================

Dibangunin sama Ramot. Kaget juga. Ngeliat jam ternyata jam 6, keluar tenda liat pemandangan cakep banget!! aaaaaaahhhh gak nyesal kesini deh! ini baru di Teluk belum di Pulau, pasti lebih keren. Trus kita siap-siap beberes karena kita mau nyebrang ke Pulau Kiluan. 

Sampe di Pulau kita lapor dulu sama orang yang bertanggung jawab disitu kita bilang mau bermalam di situ pake tenda sendiri dan bayar biaya masuk pokoknya total 50 ribu. Sudah kelar urusan kita survei tempat yang bagus dulu dan kemudian kita pasang tenda. abis pasang tenda sekitar jam 8an, aku capek trus tidur lagi di tenda sampe jam setengah 11. Kebangun karena ada suara ribut banyak orang dan ternyata mereka pada snorkeling. Trus aku tanya berapa sewa kacamata nya, 25 ribu seharian yaudah aku sewa dan tanyain ke Ramot mau snorkeling gak dan ternyata dia mau jadi yaudah kita sewa berdua dan ternyata Cebi juga mau dan dia sewa juga tapi nambah pelampung karena dia ilmu renangnya masih cetek hehehe.. 

Kita snorkeling dari jam 11 sampe jam 3-setengah 4 an gitu sampe cape dan main-main di pantainya juga sambil mainan. Christy gak ikut Snorkeling katanya males. Habis mainan kita makan yang bayar 15 ribu seorang, menunya lumayan, nasi satu baskom, iya beneran satu baskom! telur dadar, tempe, sayur kacang panjang + tauge, lumayanlah buat isi perut kami yang kelaparan setelah seharian snorkeling. Setelah selesai makan kami berencana untuk pulang sore ini juga karena di Pulau udah sepi gak enak sisa kita sendirian. 

Trus kita nyebrang lagi ke Teluk dan carter mobil APV dengan bayaran 600 ribu tapi langsung sampai Bakauheni, yasudahlah ada harga ada rupa, kemaren 100 ribu satu orang cuma naik angkot dan berdebu pula, sekarang 600 ribu ber AC dan langsung sampai pelabuhan kenapa gak? Kami berangkat dari Teluk Kiluan saat jam menunjukkan pukul 5 sore. Bye-bye Kiluan, aku pasti kembali ke sini suatu saat.

Kembali dengan perjalanan yang melelahkan melewati jalanan yang rusak, kami sampai di Gudang Garam jam 9 malam kemudian makan dan istirahat di warung padang, setelah makan dan istirahat 9.45 kami melanjutkan perjalanan ke Bakauheni dan kami pun tewas dengan sukses. Aku pun terbangun saat sudah di daerah Kalianda aku gak tau seberapa jauh lagi itu dari Bakauheni. 

Lalu lintas cukup ramai juga tapi terkadang bisa salip menyalip. Sampai di Bakauheni jam 10.45 kemudian kita langsung beli tiket dan masuk ke Ferry dan menunggu 1 jam sampai Ferry siap berangkat. Jam 12 malam Ferry berangkat. Ada rasa senang dan rasa sedih, semuanya bercampur aduk saat itu. Tapi itulah perjalanan, ada datang dan pergi. Kemudian kita semua terlelap.

Jam menunjukkan 2.15 ketika peluit kapal yang nyaring membangunkan tidur kami. Kami bersiap-siap turun dari Ferry dan setelah turun kami berjalan kaki 10 menit untuk sampai ke terminal bis. Ke kamar mandi sebentar kemudian kami masuk bis jurusan Merak - Kalideres dan menunggu penumpang penuh. Jam 3 kami berangkat dari Merak dan kami pun tertidur lagi. Sampai di Kalideres jam 5 pagi, trus kita keluar terminal cari taksi argo buat ke kos Ramot.

Sampai di kos Ramot kami semua keliatan capek tapi puas, kulit pada gosong karena matahari. Alhamdulillah kami sudah sampai kembali ke "rumah" tanpa kekurangan suatu apapun. Aku berjanji akan mengunjungi "Tanah Andalas" lagi suatu saat. Mencoba mencari petualangan baru. Karena dengan ini aku semakin yakin darah petualang memang ada di dalam diriku.

Ini adalah foto-foto selama kami bermain sampai perjalanan kembali ke Jakarta, enjoy!



Bening cuy!





Run Titi, Run!







Ramot dikubur :3

Aku dikubur :3

Cebi dikubur :3

Bersiap ke Pulau Kiluan


Pantai di Pulau Kiluan






Suasana di Pantai Teluk Kiluan


Pak Abas dan kapalnya

Matahari Senja dari Teluk Kiluan


Pak Abas - Ramot - Christy - Cebi

Perjalanan kembali ke Teluk

Berpose di salah satu pinggir jurang :p

Ferry mau merapat

Ini mukanya udah keliatan capek banget :p

Pelabuhan Merak di malam hari

Akhirnya sampai juga di Merak setelah perjalanan yang melelahkan


Sampai Jumpa di "Sweet Escape Part III" :')

2 komentar:

  1. keren jga tu pulaunya..pngen jgaa deh ksana..
    oea,rame gak pngunjung yg ksana..?

    BalasHapus
  2. Thanks for visiting my Blog :)

    Pas saya kesana gak terlalu rame sih, mungkin karena faktor akses transportasi ke sana yang susah dan masih sedikit orang yang tau tempatnya makanya gak terlalu rame..

    BalasHapus