Selasa, 28 Januari 2014

The Bucket List

Ada yang tahu apa itu "Bucket List" ?
Okeh, Bucket List adalah kumpulan cita-cita atau impian atau apa saja yang ingin dikerjakan sebelum kita meninggalkan dunia ini. Bucket list setiap orang tentu berbeda, bukan?

Pertama kali tahu kata ini dari sebuah film yang berjudul The Bucket List. Intinya, 2 orang yang divonis mati karena sakit yang tidak bisa disembuhkan dalam 6 bulan kedepan malah membuat mereka menjadi semangat dalam menjalani hal ini.

Mereka pergi ke tempat mana saja yang mereka tulis di Bucket List mereka, contohnya : kebut-kebutan pakai mobil balap di sirkuit yang mereka sewa terus mereka balapan berdua.
Ada juga mereka skydiving dan masih banyak lagi, aku lupa.

Belajar dari mereka aku jadi sadar bahwa aku punya banyak mimpi pengen ke sini, pengen ke situ, mengunjungi tempat-tempat yang keren, tempat yang masih bisa dicapai selagi aku masih muda, tapi aku tidak pernah menuliskannya satu pun. Hanya dalam pikiran. Dan menurut film itu ini adalah hal yang salah.

Seharusnya kita menulis semua mimpi-mimpi kita, dan ketika satu sudah tercapai kita beri sebuah tanda centang diakhir kalimatnya, centreng.
Hal ini secara tidak langsung membuat kita semakin semangat dalam mengejar mimpi-mimpi kita.

Maka sejak hari itu aku mulai menuliskan mimpi-mimpi itu dalam sebuah buku catatan kecil. Aku menulisnya dengan perasaan ' ah masa bisa sih nanti ketempat ini' tetapi tetap menulisnya.

Buku itu sekarang sudah tidak ada, hilang tak berbekas, mungkin terselip entah dimana waktu pindahan dari Balikpapan ke Jakarta.

Yang jelas, aku masih ingat aku menulis apa saja disitu, karena termasuk tidak masuk akal dan agak aneh.

Seminggu yang lalu ngobrol sama temen tentang konsep Bucket List ini dan ternyata dia melakukan hal yang sama, kebetulan?

Jelas tidak, ini adalah tanda bahwa harusnya Bucket List ku harus ditambah, biar perginya bisa lebih jauh lagi.

Alhamdulillah, selama ini aku sudah lumayan merasakan berpetualang mengelilingi negeri ini. Tetapi ketika aku melihat peta Indonesia dan menandai tempat-tempat yang sudah pernah aku kunjungin ternyata masih sedikit.

Indonesia ternyata masih banyak yang belum kujelajahin. Apalagi dunia. Masih banyak pelajaran yang bisa kudapat dari sini, mumpung masih muda, tidak terlalu banyak hambatan kecuali keuangan, hehehe..

Tanpa sadar setelah bertahun-tahun setelah aku menulis berbagai kalimat di Bucket List tersebut ada beberapa yang sudah layak diberi centreng.

Aku ingin punya sebuah Bucket List yang membuat setiap orang membacanya menjadi terinspirasi. Melakukan perjalanan ke tempat yang keren, belajar bahasa tertentu, menguasi skill tertentu, mempunyai hubungan yang baik dengan orang yang disayang dan lain-lain.

Sekarang sudah saatnya aku mengisi kembali Bucket List yang sudah lama aku lupakan tapi tetap menuntunku ke arah yang aku tulis bertahun-tahun yang lalu.

Bucket List yang baru diharapkan bisa membawaku ke tempat yang keren dan tak pernah aku duga sebelumnya dimana aku bisa banyak belajar dan kalau bisa akan aku bagi disini.

Apakah ada kemungkinan kita sama-sama memberi centreng pada kalimat di Bucket List kita pada saat kita bertemu?

Percayakan saja pada keajaiban Bucket List.

Nb: Tulisan ini juga termasuk dalam Bucket List ku.

-F-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar